Sabtu, 18 Agustus 2012

Java Class dan Object



Setelah Sebelumnya kita telah belajar tentang pengetahuan Java Programming, kini saatnya kita melangkah ke suatu hal yang sangat fundamental dalam Pemrograman Java.. That is "Java Classes and Object"..



Now, what is class? class atau disebut kelas adalah suatu baris kode program dimana kita menuliskan semua kode-kode program. Kelas ini akan menjadi blueprint pada yang akan dijalankan oleh suatu object. So, Object? objek adalah segala sesuatu yang akan bekerja sesuai dengan kelas yang menjadi referensinya.

Kelas memiliki atribut dan method.. Atribut adalah tempat kita mendeklarasikan variabel, biasa juga disebut field. Sedangkan, method merupakan proses atau fungsi yang akan dikerjakan oleh kelas dan objek dari kelas itu. Untuk mengidentifikasi atribut dan method, seringkali atribut digambarkan dengan kata sifat (misalnya, warna atau tinggi_badan), sedangkan method digambarkan dengan kata kerja (misalnya, hitung atau jalankan).

Untuk lebih jelasnya, kita akan menggunakan kode program :

public class Main {
public static void main(String[] args) {

Main utama = new Main();

int a = 2;

int b = 3;

int hasil;

hasil = utama. hitung_hasil(a,b);

System.out.println("hasil penjumlahan " +a+ " + " +b+ " = " +utama);

}

public int hitung_hasil(int x, int y) {

int z = x + y;

return z;

}

}

penjelasan dari program diatas :

Main utama = new Main();

  • [Main utama] = merupakan suatu deklarasi yang menyatakan bahwa variabel utama memiliki tipe data kelas (bentukan).. tipe data kelas akan dijelaskan pada waktu mendatang..
  • [new Main()] = menyatakan bahwa, akan ada suatu pembuatan objek yang ditandai dengan keyword new.. sehingga deklarasi variabel sebelumnya memiliki referensi terhadap Kelas Main sebagai blueprint objeknya..

0 komentar: