Minggu, 12 Agustus 2012

APA ITU STRUTS





Struts merupakan aplikasi framework open source yang di design untuk membantu para developer dalam membangun arsitektur aplikasi berbasis pada Model-View-Controller (MVC) , dimana design MVC sudah merupakan standard umum dalam membangun aplikasi Web anda dengan penggunaaan servlet Java dan Java Server Pages (JSP) sebagai teknologinya.

Struts merupakan framework Model-View-Controller (MVC) , berbasis pada teknologi servlet dan JSP. Framework ini merupakan bagian dari proyek Apache Jakarta, dan untuk situs resmi Struts anda bisa akses langsung di sini : http://jakarta.apache.org/struts. Framework ini menarik perhatian khusus terutama bagi para developer yang banyak bermain di front-end development, terutama JSP dan Servlet dalam beberapa tahun terakhir ini, termasuk penulis sendiri tentunya. Ini tentunya tidak lain dikarenakan kemampuan Struts dalam membantu kita , memudahkan kita dalam merancang aplikasi berbasis MVC secara lebih mudah , cepat dan mengikuti semua aturan main framework ini. Penulis juga menjumpai beberapa design pattern yang diterapkan oleh framework ini, dan ini tentunya sangat menguntungkan bagi kita, karena pada layar ini, secara traspalansi dan tidak langsung telah kita implementasikan melalui framework Struts.

Framework Struts dapat dipecahkan menjadi menjadi 3 area utama, sesuai design MVC :

1.) Model
Dimana implementasinya disini berupa class Action, menyediakan logik bisnis yang harus ditulis oleh kita, developer. Bagaimana nantinya interaksi antara Controller dan class Action yang kita progra, nantinya akan berbasis pada sebuah file konfigurasi yang dapat kita modifikasi secara mudah lewat file yang namanya : struts-config.xml.

2. View
View merupakan sekumpulan tag library dari JSP, untuk memudahkan kita dalam membuat form secara cepat. (anda bisa bayangkan form Struts disini hampir sama dengan form HTML yang biasa anda buat.)

3. Controller
Merupakan sebuah servlet, yang akan mengtransfer semua request yang datang dari HTTP ke Action yang telah diset melalui file xml yang sudah dijelaskan diatas. Sekarang, mari kita mempelajari lebih detail berbagai bagian dari framework ini dan mendapat pemahaman bagaimana interaksi antar obyek class di dalam framework ini.

0 komentar: